Pulungan, Tetti Mahrani (2015) IMPLEMENTASI MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI SMK NEGERI. Masters thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dibelajarkan dengan model PBL dan model DI di SMK Negeri 1 Batang Onang., (2) Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dibelajarkan dengan model PBL dan model DI di SMK Negeri 1 Batang Onang, dan (3) Kolerasi antar hasil belajar siswa dengan berpikir kritis siswa di SMK Negeri 1 Batang Onang. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, di mana kelas XI ATR sebagai kelas eksperimen pertama yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL (problem based learning) dan XI TSM sebagai kelas eksperimen kedua yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar Kimia dam bentuk pilihan berganda yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dibelajarkan dengan model PBL dan model DI di SMK Negeri 1 Batang Onang. dengan sig P = 0,01 < α = 0,05, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang dibelajarkan dengan model PBL dan model DI di SMK Negeri 1 Batang Onang dengan P = 0,03 < α = 0,05 (3) Tidak ada kolerasi antar hasil belajar siswa dengan berpikir kritis siswa di SMK Negeri 1 Batang Onang dengan sig. 0,09 > α = 0,05
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.372 071 9 Pul i |
Keywords: | PBL; Berpikir kritis; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 07:24 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22823 |