Tarigan, Monika Rehmalemna (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146191014 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. NIM. 8146191014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (662kB) | Preview
3. NIM. 8146191014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM. 8146191014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM. 8146191014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
6. NIM. 8146191014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM. 8146191014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
8. NIM. 8146191014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM. 8146191014 BAB I.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
13. NIM. 8146191014 BAB V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM. 8146191014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share dan numberend heads together terhadapkemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 4 Binjai tahun pelajaran 2016/2017,(2)pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadapkemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 4 Binjai tahun pelajaran 2016/2017,(3) pengaruh model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa siswa kelas X SMA Negeri 4 Binjai tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian sebanyak 262 orang yang merupakan siswa kelas X SMA Negeri 4 Binjai. Sampel penelitian sebanyak dua kelas ditentukan secara acak dengan teknik cluster sampling yaitu kelas yang diajarkan dengan model kooperatif think pair share (kelas eksperimen) dan kelas yang diajarkan dengan model kooperatif numberend heads together (kelas kontrol). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis varian dua jalur (Anava) yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan menulis paragraf eksposisi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share lebih tinggi daripada kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif numberend heads together, yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata kelas model pembelajaran kooperatif think pair share lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif numberend heads together (80,05>69,36), (2) kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih tinggi daripada kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi 82,47 lebih tinggi daripada kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan nilai rata-rata 67,07, (3) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa dengan nilai rata-rata 143,27 pada taraf signifikan 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.707 12 Tar p |
Keywords: | Kooperatif; Motivasi; Kemampuan; Menulis; Eksposisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 02:44 |
Last Modified: | 25 Jan 2017 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22780 |