Panjaitan, Ebenezer (2015) HUBUNGAN MINAT KEJURUAN DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI KONSEP DASAR GAMBAR TEKNIK (MKDGT) PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PUTRA ANDA BINJAI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103321009 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 5103321009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
3. NIM. 5103321009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 5103321009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. NIM. 5103321009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. NIM. 5103321009 TABLES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. NIM. 5103321009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM. 5103321009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
9. NIM. 5103321009 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
13. NIM. 5103321009 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. NIM. 5103321009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Minat Kejuruan dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Menguasai Konsep Dasar Gambar Teknik (MKDGT) Pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Putra Anda Binjai Tahun Ajaran 2014/2015” dan untuk mengetahui tingkat kecenderungan Minat Kejuruan, Disiplin Belajar dan Hasil Belajar Menguasai Konsep Dasar Gambar Teknik (MKDGT) siswa. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Putra Anda Binjai Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah 34 orang. Untuk uji keberartian dan kelinieran Hasil Belajar MKDGT (Y) atas variabel Minat Kejuruan (X1) diperoleh Fhitung 31,64 dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 4,53 sehingga Fhitung > Ftabel yaitu 31,64 > 4,53. Sehingga regresi dinyatakan berarti pada taraf signifikansi 5%. Pada uji kelinieran diperoleh Fhitung -0,092 dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 4,53 sehingga Fhitung < Ftabel yaitu -0,092 < 4,53 sehingga hubungan X1 dan Y adalah positif dan berarti. Untuk uji keberartian dan kelinieran hasil belajar MKDGT (Y) atas variabel Kemampuan Berpikir Logis (X2) diperoleh Fhitung 19,545 dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 4,15 sehingga Fhitung > Ftabel yaitu 19,545 > 4,15. Sehingga regresi dinyatakan berarti pada taraf signifikansi 5%. Pada uji kelinieran diperoleh Fhitung 0,499 dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 2,77 sehingga Fhitung < Ftabel yaitu 0,499 < 2,77 sehingga hubungan X2 dan Y adalah positif dan berarti. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa tingkat kecenderungan Minat Kejuruan (X1) cenderung diatas rata – rata (47,058%) dan Disiplin Belajar (X2) cenderung diatas rata – rata (64,705%) sedangkan Hasil Belajar MKDGT (Y) cenderung diatas rata – rata (41,176%). Hasil analisis korelasi ganda menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan berarti dari Minat Kejuruan dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Menguasai Konsep Dasar Gambar Teknik (MKDGT). Koefisien korelasi ganda R = 0,844 sedangkan determinasi R2 = 0,7132. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti dari Hubungan Minat Kejuruan Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Menguasai Konsep Dasar Gambar Teknik (MKDGT) Pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Putra Anda Binjai Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 014 |
Keywords: | Minat kejuruan; Disiplin belajar; Hasil belajar; Gambar teknik (MKDGT) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 03:07 |
Last Modified: | 20 Jan 2017 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22751 |