Putri, Dely Kurnia (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI ILMU BANGUNAN GEDUNG SISWA KELAS X KEAHLIAN KONSTRUKSI BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
surat tidak plagiat persetujuan dan pengesahan.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
Abstrak Lagi.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
Pembelajaran Generatif memberi pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar
Mengidentifikasi ilmu bangunan gedung pada siswa kelas X program keahlian
konstruksi bangunan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015 dan untuk
mengetahui hasil belajar Siswa menggunakan Model Pembelajaran Generatif pada
mata pelajaran Mengidentifikasi Ilmu Bangunan Gedung pada Siswa kelas X
program keahlian Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran
2014/2015 lebih tinggi dibandingkan menggunakan pembelajaran konvensional.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 program keahlihan Konstruksi
Bangunan pada mata pelajaran Mengidentifikasi Ilmu Bangunan Gedung. Penelitian
ini dilaksanakan pada kelas X semester genap, Tahun Pelajaran (T.P) 2014/2015.
Populasi ini adalah semua siswa X Program Keahlihan Teknik Konstruksi Bangunan
SMK Negeri 2 Medan tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas sebanyak
70 orang. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian
Konstruksi Bangunan SMK Negeri 2 Medan yang terdiri dari dua kelas, kelas X
TKB-A berjumlah 35 orang dan kelas X TKB-B berjumlah 35 orang siswa. Sehingga
jumlah keseluruhan siswa terdiri dari 70 siswa. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah post tes dan pre tes dalam bentuk soal pilihan berganda.
Metode dan rancangan penelitian eksperimen menggunakan desain ANAVA 1 x 1.
Variabel penelitian memenuhi persyaratan normalitas dikaji dengan uji Liliefors dan
memenuhi persyaratan homogenitas dengan uji F.
Berdasarkan hasil penelitian ini, hasil belajar siswa yang diajar dengan model
pembelajaran Generatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa
yang diajar dengan menggunakan Model Konvensional, yaitu diperoleh nilai thitung =
3,379 dan ttabel = 1,671, sehingga thitung > ttabel, dengan taraf signifikan α = 0,05.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Pembelajaran
Generative memberi pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar Mengidentifikasi
Ilmu Bangunan Gedung Gedung pada siswa kelas X Program Keahlian Konstruksi
Bangunan di SMK Negeri 2 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 007 |
Keywords: | Model Pembelajaran Generatif, Hasil Belajar Mengidentifikasi Ilmu Bangunan Gedung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 06:58 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 06:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22734 |