Nugroho, M. Wahyu (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) ANTARA METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM DENGAN METODE CERAMAH DAN METODE TANYA JAWAB PADA SISWA KELAS XI SMK SWASTA PUTRA JAYA STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103321021 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM. 5103321021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (706kB) | Preview
3. NIM. 5103321021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. NIM. 5103321021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
5. NIM. 5103321021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
6. NIM. 5103321021 TABLES.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. NIM. 5103321021 GRAFIK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM. 5103321021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
9. NIM. 5103321021 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
13. NIM. 5103321021 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
14. NIM. 5103321021 RUJUKAN.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kesehatan dan keselamatan kerja (K3) antara metode pembelajaran aktif tipe quiz team dengan metode ceramah dan metode tanya jawab pada siswa kelas XI SMK Swasta Putra Jaya Stabat. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan quasi experimental design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan kelompok yang sudah ada (intact group). Sampel penelitian berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah hasil belajar K3 siswa yang diajar dengan metode pembelajaran aktif tipe quiz team lebih tinggi daripada hasil belajar K3 siswa yang diajar dengan metode ceramah dan metode tanya jawab.
Analisis data menggunakan uji-t, diperoleh data hasil perhitungan perbedaan rata-rata post-test kedua kelompok yaitu nilai thitung sebesar 7,29, sedangkan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 58 yaitu sebesar 1,6723, sehingga diperoleh thitung > ttabel (7,29 > 1,6723) sehingga H0 ditolak. Maka kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar K3 siswa yang diajar dengan metode pembelajaran aktif tipe quiz team lebih tinggi daripada hasil belajar K3 siswa yang diajar dengan metode ceramah dan metode tanya jawab.
Analisis data menggunakan lembar observasi kegiatan siswa diperoleh bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran aktif tipe quiz team tergolong pada kategori baik dan sangat baik, yaitu aktif dalam aktivitas belajar mengajar. Sedangkan siswa yang diajar dengan metode ceramah dan metode tanya jawab tergolong pada kategori cukup, yaitu kurang aktif dalam aktivitas belajar mengajar. Sehingga kesimpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran aktif tipe quiz team lebih aktif dalam hal mengemukakan pendapat/ ide, bertanya, menjawab pertanyaan, dan mencatat daripada metode ceramah dan metode tanya jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 007 |
Keywords: | Metode pembelajaran aktif tipe quiz team; Metode ceramah; Metode tanya jawab; Hasil belajar K3 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 09:05 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 09:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22684 |