UNSPECIFIED (2015) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5103331011 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 5102131009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (885kB) | Preview
3. NIM. 5103331011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM. 5103331011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 5103331011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM. 5103331011 TABLES.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
7. NIM. 5103331011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM. 5103331011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. NIM. 5103331011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
13. NIM. 5103331011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
14. NIM. 5103331011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Dasar dan Pengkuran Listrik yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek dan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015.
Strategi Pembelajaran yang digunakan adalah strategi pembelajaran berbasis proyek yang mana dalam pelaksanaan diadakan perlakuan kepada kelompok-kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk pakam yang mengikuti sub kompetensi Dasar Dan Pengukuran Listrik yang terdiri dari 2 kelas, satu kelas, diajar dengan strategi pembelajaran berbasis proyek (kelas eksperimen) dan satu kelas lagi diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori (kelas kontrol). Jumlah sampel tiap kelas sebanyak 30 dan 27 orang, jadi jumlah sampel seluruhnya sebanyak 57 orang.
Perlakuan dilakukan selama 3 minggu atau sebanyak 3 kali pertemuan tatap muka untuk masing-masing kelas. Perlakukan yang diberikan berdasarkan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disiapkan oleh peneliti. Pada akhir pertemuan, kedua kelas penelitian diberi Posttes untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes inilah dapat diketahui sejauh mana pengaruh yang terjadi pada siswa.
Dari hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, dimana thitung > ttabel, yaitu 5,944 > 1,674. Dari perhitungan diperoleh sehingga diperoleh kesimpulan bahwa Hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ELK 011 |
Keywords: | Hasil Belajar, Pengukuran Listrik, Pembelajaran Ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 02:47 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22661 |