PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

UNSPECIFIED (2015) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5103331011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5103331011 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5102131009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5102131009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (885kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5103331011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5103331011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5103331011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5103331011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5103331011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5103331011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5103331011 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5103331011 TABLES.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5103331011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5103331011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5103331011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5103331011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5103331011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5103331011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5103331011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5103331011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5103331011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5103331011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Dasar dan Pengkuran Listrik yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek dan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015.
Strategi Pembelajaran yang digunakan adalah strategi pembelajaran berbasis proyek yang mana dalam pelaksanaan diadakan perlakuan kepada kelompok-kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk pakam yang mengikuti sub kompetensi Dasar Dan Pengukuran Listrik yang terdiri dari 2 kelas, satu kelas, diajar dengan strategi pembelajaran berbasis proyek (kelas eksperimen) dan satu kelas lagi diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori (kelas kontrol). Jumlah sampel tiap kelas sebanyak 30 dan 27 orang, jadi jumlah sampel seluruhnya sebanyak 57 orang.
Perlakuan dilakukan selama 3 minggu atau sebanyak 3 kali pertemuan tatap muka untuk masing-masing kelas. Perlakukan yang diberikan berdasarkan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disiapkan oleh peneliti. Pada akhir pertemuan, kedua kelas penelitian diberi Posttes untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes inilah dapat diketahui sejauh mana pengaruh yang terjadi pada siswa.
Dari hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, dimana thitung > ttabel, yaitu 5,944 > 1,674. Dari perhitungan diperoleh sehingga diperoleh kesimpulan bahwa Hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 ELK 011
Keywords: Hasil Belajar, Pengukuran Listrik, Pembelajaran Ekspositori
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Jan 2017 02:47
Last Modified: 17 Jan 2017 02:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22661

Actions (login required)

View Item
View Item