Hariyanti, Fitri (2015) PENGEMBANGAN MEDIA COURSELAB 2.4 PADA MATA PELAJARAN RANCANG BANGUN JARINGAN KELAS XI SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN (AKP) GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (791kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Pendidikan merupakan titik sentral yang sangat berpengaruh untuk meningkatkan kemajuan suatu negara. Melalui pendidikan harkat dan martabat bangsa dapat ditingkatkan dan dengan demikian untuk memajukan negara ke arah yang lebih baik lagi dapat terwujud. Pendidikan menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dikembangkan, sehingga pembangunan sumber daya manusia dibidang pendidikan merupakan modal utama dalam pembangunan bangsa. Untuk menghadapi persaingan dalam era globalisasi, pemerintah berusaha mengantisipasi melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia, dilakukan dengan peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran rancang bangun jaringan yang menggunakan Courselab 2.4 dengan standar kompetensi memahami terminologi dasar jaringan.
Penelitian ini mengacu pada model ADDIE ( Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dengan rincian: (1) Analisys (meliputi: studi pendahuluan, analisis kurikulum, analisis kebutuhan), (2) Design (meliputi: pembuatan garis besar ini courselab 2.4, penyusunan kerangka), (3) Development (meliputi: pembuatan materi dengan menggunakan media courselab 2.4), (4) Implementation (meliputi: uji coba didalam kelas) dan (5) Evaluation ( meliputi: indikator keberhasilan media yang mengevaluasi setiap tahap pengembangan).
Produk media pembelajaran yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Baik, berdasarkan penilaian ahli media I dengan skor 4.38 ,ahli media II dengan skor 3.84 ,ahli materi dengan skor 4.00 dan penelitian terhadap siswa dengan skor 4.47 . Dengan ini pengembangan media dapat meningkatkan hasil belajar rancang bangun jaringan pada materi terminologi dasar jaringan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ELK 009 |
Keywords: | Media pembelajaran, Courselab 2.4, ADDIE, Rancang bangun jaringan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 04:40 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22646 |