Hasibuan,, Muhammad Sofyan (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA SMK NEGERI 2 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5101131014. COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 5101131014. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
3. NIM. 5101131014. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4. NIM. 5101131014. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. NIM. 5101131014. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 5101131014. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. NIM. 5101131014. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM. 5101131014. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. NIM. 5101131014. BAB I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
9. NIM. 5101131014. BAB I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
13. NIM. 5101131014. BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
14. NIM. 5101131014. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Perekayasaan
Rangkaian Elektronika dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis
Proyek pada siswa kelas XI Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Tebing Tinggi.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Teknik Audio Video SMK
Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah
peserta didik kelas XI-1 Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Tebing
Tinggi terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 27 orang. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah sampel total sehingga penelitian ini berjumlah 27 siswa
dalam 1 kelas.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dimana
dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment). Teknik
pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes objektif berupa pretest, post
test pilihan ganda/bidang kognitif, pada kegiatan praktikum diambil penilaian
bidang Afektif, psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode
deskriptif, mencari rata-rata nilai (mean), standar deviasi dan varian total. Untuk
menguji normalitas data digunakan uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) uji
hipotesis sebesar 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar
Perekayasaan Rangkaian Elektronika yang diajarkan dengan model pembelajaran
Berbasis Proyek adalah 82,28 lebih tinggi dari nilai Pretest yaitu 75,11.
Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar
Perekayasaan Rangkaian Elektronika dengan model pembelajaran Berbasis
Proyek lebih tinggi dari Kriteria Ketuntasan Minimal yang menggunakan uji
hipotesis yaitu uji-t dimana thitung > ttabel , maka Ha yang berbunyi “ Rata-Rata
Hasil Belajar Perekayasaan Rangkaian Elektronika dengan Model Pembelajaran
Berbasis Proyek Lebih Tinggi dari Pretest “ Diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2015 ELK 005 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Berbasis Proyek, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 04:07 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22638 |