Arifin, Jainul (2015) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR DAN MEMBERI PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA PADA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103141013 COVER.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
2. NIM. 5103141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3. NIM. 5103141013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 5103141013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. 5103141013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 5103141013 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 5103141013 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 5103141013 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 5103141013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
13. NIM. 5103141013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
14. NIM. 5103141013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
Abstract
Pennelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar
membuat asbak antara yang diajarkan dengan menggunakan variasi mengajar dan
memberi penguatan dengan tanpa menggunakan variasi mengajar dan memberi
penguatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yaitu
penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari sesuatu
yang dikenakan pada subjek.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3
Perbaungan. Jumlah sampel 84 siswa dengan teknik pengambilan sampel
mengguakan purposive sample. Untuk menghitung lembar validitas pengamatan
maka dilakukan uji kesepakatan pengamat. Hasil belajar membuat asbak dengan
menggunakan variasi mengajar dan memberi penguatan tergolong dalam kategori
tinggi atau Mhitung > Mideal yaitu 289,42 > 281 sedangkan hasil belajar membuat
asbak tanpa menggunakan variasi mengajar dan memberi penguatan tergolong
dalam kategori rendah atau Mhitung < Mideal yaitu 65 < 65,14. Untuk menguji
normalitas digunakan uji Liliefors dengan hasil perhitungan Lhitung < Ltabel atau
0,37< 0,436 pada Hasil belajar membuat asbak dengan menggunakan variasi
mengajar dan memberi penguatan, Lhitung < Ltabel atau 0,243< 0,436 pada hasil
belajar membuat asbak tanpa menggunakan variasi mengajar dan memberi
penguatan, dengan demikian kedua variabel berdistribusi normal. Untuk menguji
homogenitas dilakukan dengan uji Bartlett maka diperoleh x2
hitung < x2
tabel (2,06
<384). Dengan demikian dinyatakan bahwa kedua sampel mempunyai varians
yang sama (homogen).
Dalam penelitian ini di gunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil
perhitungan terlihat bahwa thitung antara X1 dan X2 sebesar 5,731 sedangkan ttabel =
pada taraf signifikan 5% sebesar 1,684 terlihat thitung > ttabel yaitu (5,731 > 1,684).
Sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis maka hipotesis kerja
(Ha) yang diajukan diterima. Dengan demikian dinyatakan bahwa ada pengaruh
yang signifikan antara hasil belajar dengan .menggunakan variasi mengajar dan
memberi penguatan dengan tanpa menggunakan variasi mengajar dan memberi
penguatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKK 014 |
Keywords: | Dasar mengajar Guru, hasil belajar, Penilaian Benda |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 08:06 |
Last Modified: | 10 Jan 2017 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22534 |