Putri, Sari (2015) EFEKTIVITAS TEKNIK PEMODELAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 42 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 209311070. COVER.pdf - Published Version
Download (120kB)
2. 209311070. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (0B)
3. 209311070. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB)
4. 209311070. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (0B)
5.209311070. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (322kB)
6. 209311070. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (0B)
7.209311070. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8.209311070. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
9.209311070. BAB I.pdf - Published Version
Download (0B)
13. 209311070. BAB V.pdf - Published Version
Download (0B)
14. 209311070. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik pemodelan dalam meningkatkan kemampuan menulis surat dinas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 42 sebanyak 160 orang. Sampel diambil sebanyak 80 orang, 40 orang untuk kelas eksperimen dan 40 orang untuk kelas kontrol.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, two-group only post test. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis surat undangan resmi dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 74,5 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 69,8. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis surat undangan resmi di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,48, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikansi 1% atau dengan df = (N1 +N2) - 2 = 78. Pada tabel t dengan df = 78 diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,00 dan taraf signifikansi 1% = 2,65. Kriteria pengujian menyatakan bahwa Ha diterima jika ttabel< thitung> ttabel (2,00<3,48>2,65) maka hipotesi alternatif diterima yang menyatakan teknik pemodelan lebih baik daripada metode ceramah sebagai pembanding dalam meningkatkan hasil belajar menulis surat undangan resmi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 026 |
Keywords: | Teknik pemodelan; Model ceramah; Surat dinas; Menulis; Undangan resmi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 03:11 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22481 |