Sitompul, Elfy Syahrinur (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SIBORONGBORONG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 2101111004. COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. 2101111004. LEMBAR PERNYATAAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (896kB) | Preview
3. 2101111004. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
4. 2101111004. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. 2101111004. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. 2101111004. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. 2101111004. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 2101111004. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
9. 2101111004. BAB I.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
13. 2101111004. BAB V.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
14. 2101111004. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Siborongborong tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Siborongborong dan sampelnya adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Siborongborong. Penelitian diambil secara random sampling sebanyak satu kelas dengan jumlah siswa 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test-post-test design.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja dalam bentuk penugasan menulis teks deskripsi. Dari hasil pengolahan data yang di dapat dari lapangan diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 65,5 dan standar deviasi adalah 7,89. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 79,7 dan standar deviasi dalah 8,02. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test. Dengan kata lain, ada peningkatan hasil nilai rata-rata siswa sebelum penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) (pre-test) dan sesudah penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) (post-test). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t’. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t_hitung = 6,72 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan dk= n-1 = 29. Pada tabel t dengan dk=29 diperoleh t_tabel=2,04 . Kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika t_hitung > t_tabel yaitu 6,72 > 2,04, maka hipotesis alternatif diterima yang menyatakan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) berpengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu menulis teks tanggapan deskripsi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 016 |
Keywords: | Pembelajaran berbasis proyek; Teks tanggapan deskripsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 04:01 |
Last Modified: | 29 Dec 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22439 |