Nasution, Hikmah Hayati (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWAMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANMAKE AMATCH (MAM) DENGAN COOPERATIVE INTEGRATEDREADING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X IPA PERGURUAN SMA AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4101141011 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 4101141011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
3. NIM. 4101141011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
4. NIM. 4101141011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 4101141011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
6. NIM. 4101141011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7. NIM. 4101141011 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8. NIM. 4101141011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 4101141011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
13. NIM. 4101141011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
14. NIM. 4101141011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran Make A Match (MAM) dengan Cooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC) pada sub Materi Pencemaran
Lingkungan di Kelas X IPA Perguruan SMA AL-Hidayah Medan Tahun
Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
X IPA Semester 2 Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa
seluruhnya adalah 86. Sedangkan sampel diambil secara classring sampling
sebanyak dua kelas yaitu X IPA 2 sebagai kelas Make A Match (MAM) dan X
IPA 3 sebagai kelas Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
masing-masing berjumlah 28 orang, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini
sebanyak 56 orang dan jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Dari
hasil analisis data diperoleh nilai rata - rata hasil belajar siswa pada kelas Make A
Match (MAM) sebesar 87,14 dengan Standar Deviasi 5,79, sedangkan pada kelas
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) sebesar 79,10 dengan
Standar Deviasi 5,38 sehingga diketahui nilai rata-rata postes kelas Make A Match
(MAM) dibandingkan kelas Cooperative Integrated Reading and Composition
(CIRC). Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian
hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan = 0.05, dimana
(3,64 2,006) yang berarti dalam penelitian ini ditolak dan
diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan
secara statistik dimana kelas Make A Match (MAM) lebih baik hasil belajarnya
daripada kelas yang menggunakan Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC) pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X IPA
Perguruan SMA AL-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 007 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Hasil Belajar, materi Pelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2016 03:49 |
Last Modified: | 20 Dec 2016 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22217 |