UNSPECIFIED IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRATEGI INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA POKOK MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 KERAJAAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 BERBASIS KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.409441025 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2. NIM 409441025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM 409441025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4. NIM 409441025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM 409441025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. NIM 409441025 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. NIM 409441025 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM 409441025 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
10. NIM 409441025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
14. NIM 409441025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM 409441025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa, tingkat penguasaan dan keaktifan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif strategi inkuiri pada sub materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 1 Kerajaan T.P 2013/2014 berbasis kurikulum 2013.
Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kerajaan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 70 orang, dan sebagai sampel penelitian ini siswa kelas X1 yang berjumlah 36 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan tekhnik purposive sampel. Perlakuan yang diterapkan pada penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran kooperatif dengan strategi inkuiri.
Dari hasil analisis data diperoleh nilai-nilai rata-rata postest 65,33. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh 41,66% telah tuntas belajar yaitu pencapaian nilai ≥ 75. Tingkat penguasaan materi siswa secara keseluruhan adalah 52,8% dengan kategori sedang. Pada perhitungan pencapaian indikator dapat dilihat bahwa dari 4 indikator yang diujikan, terdapat 3 indikator atau 76,86% yang sudah tercapai dan 1 indikator atau 63,33% belum tercapai. Pengamatan aktivitas siswa juga dilakukan dengan penilaian afektif dan psikomotoriknya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 003 |
Keywords: | purposive sampel, purposive sampel, Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QR Microbiology > QR75 Bacteria |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2016 03:27 |
Last Modified: | 20 Dec 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22213 |