Octafani, Eva (2015) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 AEK KUASAN KABUPATEN ASAHAN TAHUN AJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
3103331017 Cover.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
3103331017 Cover.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
3103331017 Lembar Pengesahan Skripsi.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
3103331017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
3103331017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3103331017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3103331017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
3103331017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
3103331017 BAB I.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
3103331017 BAB VI.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3103331017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Aek Kuasan Kabupaten Asahan tahun ajaran 2014-2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Aek Kuasan Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2014-2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS, terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 30 dan sampel ditentukan secara keseluruhan atau total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi tidak langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Aek Kuasan Kabupaten Asahan dengan perolehan korelasi product moment rhitung = 0,440 sedangkan rtabel = 0,361 dengan α 0,05, dan koefisien determinasi r2 (0,440)2 sebesar 19,36%. Dengan demikian 19,36% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan rhitung > rtabel, maka lingkungan belajar yang menjadi hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 GEO 041 |
Keywords: | Lingkungan Belajar, Hasil Belajar,Geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 02:08 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22161 |