Elviana, Fatma (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP COPING STRES AKADEMIK SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA PEMBANGUNAN GALANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123351008 CAVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM 1123351008 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
3. NIM. 1121151008 Daftar Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4. NIM 1123351008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM 1123351008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM 1123351008 DAFTAR IS1.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7. NIM 1123351008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1123351008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
9. NIM 1123351008 BAB 1.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
13. NIM 1123351008 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 1123351008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah :Adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap coping stres akademik siswa kelas VII di SMP Swasta Pembangunan Galang Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap coping stres akademik siswa kelas VII di SMP Swasta Pembangunan Galang TahunAjaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test.Subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang siswa yang memiliki coping stres akademik yang rendah , yang akan diberikan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu menggunakan angket coping stres akademik, yang sebanyak 40 butir pernyataan angket coping stres akademik terlebih dahulu diuji cobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliabel.Dan menjadi 26 butir pernyataan angket coping stres akademik sebagai pengumpul data.
Dari hasil analisis diperoleh data pre-test coping stres akademik siswa rata-rata = 44,1 termasuk kategori rendah dan Standart Deviasi (SDx) = 46,04, sedangkan hasil analisis data post-test rata-rata = 64,6, termasuk kategori tinggi dan Standart Deviasi (SDY) = 67,33. Teknik uji hipotesis menggunakan rumus uji Wilcoxon (J) diperoleh hasilJhitung = 0 sedangkan hargaJtabel= 14. Oleh karena itu J(0) < J0,05 (14) dan diperkuat dengan H0 ditolak apabila ZHitung< Z Tabel. Karena nilai ZHitung= -3,061 dan itu lebih kecil dari nilai ZTabel = -1,96. Maka H0 ditolak HI diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap coping stresa akademik siswa kelas VII A di SMP Pembangunan Galang Tahun Ajaran 2015/2016 pada taraf nyata α = 0,05. Hal ini terlihat dari JHitung<JTabel (0 < 14) atau Z <Zα/2(-3,061< -1,96). Atau hipotesis dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 078 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok,Teknik Diskusi, Coping stres akademik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 02:52 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22009 |