Saragi, Poltak (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123111068 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 6123111068 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 6123111068 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4. NIM. 6123111068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. NIM. 6123111068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM. 6123111068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7. NIM. 6123111068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
8. NIM. 6123111068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. NIM. 6123111068 BAB I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
13. NIM. 6123111068 BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14. NIM. 6123111068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar lompat jauh gaya
jongkok melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII SMP Swasta Parulian 2
Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk
memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes
awal, lalu dilakukan pembelajaran melalui pendekatan bermain. Selanjutnya
dilakukan Tes Hasil Belajar lompat jauh gaya jongkok siklus I dan Tes Hasil Belajar
lompat jauh gaya jongkok siklus II.
Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar
sebelum dilakukan pembelajaran melalui pendekatan bermain (data awal) diperoleh
7 orang siswa (21,21%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 26 orang
siswa (78,79%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan
pembelajaran yaitu pembelajaran melalui pendekatan bermain. (2) Dari tes hasil
belajar lompat jauh gaya jongkok, di siklus I diperoleh 18 orang siswa (54,54%)
yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 orang siswa ( 45,46%)
belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa
adalah 74. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran melalui pendekatan bermain.
(3) Dari tes hasil belajar lompat jauh gaya jongkok, di siklus II diperoleh 29 orang
siswa ( 87,87%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang
siswa (12,13%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata
hasil belajar siswa adalah 78. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan
nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 4 dan
peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 33,33%. Berdasarkan hasil analisis data
dapat dikatakan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil
belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VIII SMP Swasta Parulian 2
Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 043 |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Atletik; Lompat jauh |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 02:44 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21914 |