Nababan, Yeltsin Giulino (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA MATA PELAJARAN SISTEM PEMINDAH DAYA DI SMK NEGERI 2 TANJUNGBALAI T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113122047 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 5113122047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5113122047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. NIM. 5113122047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 5113122047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 5113122047 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 5113122047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5113122047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 5113122047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (652kB) | Preview
13. NIM. 5113122047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14. NIM. 5113122047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sistem Pemindah Daya pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2015/2016. Sistem Pemindah Daya merupakan salah satu program mata pelajaran pada pendidikan kejuruan program studi keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Arikunto yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melalui tahap perencanan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 2 SMK Negeri 2 Tanjungbalai yang terdiri dari 27 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah test berupa pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Sistem Pemindah Daya pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK SMK Negeri 2 Tanjungbalai. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian persentase ketuntasan belajar secara klasikal yakni 62,96% pada siklus I dan 77,78% pada siklus II, serta pencapaian nilai rata-rata kelas sebesar 73,33 pada siklus I dan 82,22 pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 OTM 019 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe; Hasil Belajar Siswa; dan Sistem Pemindah Daya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 01:09 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 01:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21819 |