Rangkuti, Ahmad Soripada (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR KELISTRIKAN MESIN DAN KONVERSI ENERGI PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5103321003 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
02. NIM. 5103321003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
03. NIM. 5103321003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
04. NIM. 5103321003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
05. NIM. 5103321003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
06. NIM. 5103321003 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
07. NIM. 5103321003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
08. NIM. 5103321003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
09. NIM. 5103321003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
13. NIM. 5103321003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 5103321003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Dasar Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi siswa kelas X SMK Negeri 4 Medan dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini siswa kelas X Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa SMK Negeri 4 Medan tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 24 orang siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 63,75 dengan ketuntasan belajar siswa sebanyak 11 orang (45,83%) tergolong rendah. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 76,25 dengan ketuntasan belajar sebanyak 20 orang siswa (83,33%) tergolong tinggi, sesuai dengan hasil dari siklus I dan siklus II, maka peningkatannya menjadi 30,45%. Disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi dari tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar 63,75 kemudian dilakukan tindakan pada siklus II rata-rata hasil belajar 76,25. Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Probem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar kelistrikan mesin dan konversi energi di SMK Negeri 4 Medan tahun ajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 MSN 070 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 04:22 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21735 |