Siregar, Rosmita Sari (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DI SMP AL- HIDAYAH MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8146171078 COVER.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
02. NIM. 8146171078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
03. NIM. 8146171078 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
04. NIM. 8146171078 PREFACE.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
05. NIM. 8146171078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
06. NIM. 8146171078 TABLES.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
07. NIM. 8146171078 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
08. NIM. 8146171078 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
09. NIM. 8146171078 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
013. NIM. 8146171078 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
014. NIM. 8146171078 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan : (1) peningkatan kemampuan komunikasi antara siswa yang diberi model problem based learning dan discovery learning. (2) peningkatan disposisi matematis antara siswa yang diberi model problem based learning dan discovery learning, (3) Interaksi antara kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) siswa dengan pembelajaran (model problem based learning dan discovery learning) terhadap kemampuan komunikasi matematis, (4) Interaksi antara kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) siswa dengan pembelajaran (model problem based learning dan discovery learning) terhadap disposisi matematis siswa, (5) pola jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian inisiswa Sekolah Menengah Pertama Al -Hidayahyang terakreditasi B.Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan awal matematika siswa (2) tes kemampuan komunikasi, dengan pokok bahasan persegi dan persegi panjang (3) angket disposisi matematis. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan pola jawaban siswa pada model problem based learning dan discovery learning. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANAKOVA) dan analisis varians (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diberi model problem based learning dan discovery learning. Hal ini terlihat dari hasil analisis kovarians (ANAKOVA) untuk F hitung adalah 7,14 lebih besar dari F tabel yaitu 4,00. Konstanta persamaan regresi untuk pembelajaran problem based learning yaitu 31,89 lebih besar dari discovery learning yaitu 19,28 (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan disposisi matematis antara siswa yang diberi model problem based learning dan discovery learning. Hal ini terlihat dari hasil analisis kovarians (ANAKOVA) untuk F hitung adalah 10,95 lebih besar dari F tabel yaitu 4,00. Konstanta persamaan regresi untuk pembelajaran problem based learning yaitu 42,69 lebih besar dari discovery learning yaitu 30,28.(3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi, (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan dsiposisi matematis siswa, (5) Pola jawaban siswa pada pembelajaran problem based learning lebih baik dibandingkan dengan discovery learning. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar model problem based learningpada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sir p |
Keywords: | Pembelajaran matematika; Disposisi matematis; Teori belajar; Discovery learning; Problem based learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Nov 2016 02:26 |
Last Modified: | 23 Nov 2016 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21638 |