Lubis, Reza Mawaddah (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENALARAN MATEMATIK SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM.8146172058.COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
02. NIM.8146172058.APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
03. NIM.8146172058.ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
04. NIM.8146172058.PREFACE.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
05. NIM.8146172058.TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
06. NIM.8146172058.TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
07. NIM.8146172058.ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
012. NIM.8146172058.CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
013. NIM.8146172058.BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, (2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa, (4) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan penalaran matematik siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen, dengan populasi siswa pada MTs S. Darularafah. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Tes Kemampuan Awal Matematika siswa, (2) Tes kemampuan komunikasi matematik, (3) Tes kemmpuan penalaran. Data penelitian ini dianilisis dengan menggunakan analisis dengan analisis varians (Anava) . Dalam penelitian ini telah dikembangkan beberapa perangkat pembelajaran seperti RPP, LKS dan instrumen penelitian. Tes yang digunakan berbentuk uraian yang berhubungan dengan materi kubus dan balok dan telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, hal ini terlihat dari hasil anava untuk Fhitung = 193,473 lebih besar daripada Ftabel = 4,020, (2) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematik antara siswa yang diberi model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung, hal ini terlihat dari hasil anava untuk Fhitung = 117,312 lebih besar daripada Ftabel = 4,020, (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa, hal ini juga dapat dilihat dari hasil anava untuk Fhitung = 3,720 lebih besar daripada Ftabel = 3,168. Dengan kontribusi model pembelajaran TTW lebih besar daripada KAM yaitu 76,2 %, (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan penalaran matematik siswa, hal ini juga dapat dilihat dari hasil anava untuk Fhitung = 4,344 lebih besar daripada Ftabel = 3,168. Dengan kontribusi model pembelajaran TTW lebih besar daripada KAM yaitu 65,9 %
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Lub p |
Keywords: | Model pembelajaran think-talk-write (TTW); Kemampuan komunikasi matematik; Kemampuan penalaran matematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Nov 2016 01:41 |
Last Modified: | 23 Nov 2016 01:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21629 |