Siregar, Lia Agusrina (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TYPE JIGSAW BERBASIS BUDAYA BATAK TOBA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMK. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM 8146172037 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
02. NIM 8146172037 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
03.NIM 8146172037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
04.NIM 8146172037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
05.NIM 8146172037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
06.NIM 8146172037 TABLES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
07.NIM 8146172037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
08.NIM 8146172037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
012.NIM 8146172037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
013.NIM 8146172037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran kooperatif type jigsaw berbasis budaya Batak Toba, peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Instrument penelitian ini adalah lembar validasi dan observasi, RPP, Buku Guru, Buku Siswa, Tes Pemecahan masalah dan Angket Disposisi. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas XI-C dan uji coba II di kelas XI-B SMK Dharma Analitika Medan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik, serta perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid baik dari segi isi maupun konstruk dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan(2) adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada uji coba I sebesar 68,75 meningkat menjadi 87,5 pada uji coba II; dan (5) adanya peningkatan disposisi matematis siswa dari uji coba I ke uji coba II; (6) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 810.071 9 Sir p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Model pembelajaran tipe jigsaw; Budaya; Batak Toba; Kemampuan pemecahan masalah; Disposisi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 04:18 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21599 |