Sidabutar, Ropinus (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 8 TANJUNGBALAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146171077 COVER TESIS.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM. 8146171077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
3. NIM 8146171077 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 8146171077 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5. NIM 8146171077 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM 8146171077 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM 8146171077 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
8. NIM 8146171077 BAB I.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
12. NIM 8146171077 BAB V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
13. NIM 8146171077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen, populasi penelitian ini adalahsiswakelas VII SMP Negeri 8 Tanjungbalai yang berakreditasi B. Kemudian secara acak dipilih dua kelas.Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diberi perlakuan model pengajaran biasa.Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) tes kemampuan komunikasi matematis.
Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (Anacova).Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini terlihat dari hasil Anacova untuk Fhitung =4,255lebih besar Ftable adalah 3,99. Konstanta persamaan regresi untuk model pembelajaran berbasis masalah yaitu 58,739 lebih besar dari model pembelajaran biasa yaitu56,595.(2) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.Hal ini terlihat dari hasil Anacova untuk Fhitung =5,349 lebih besar Ftabel adalah 3,99. Konstanta persamaan regresi untuk model pembelajaran berbasis masalah yaitu 52,786 lebih besar dari model pembelajaran biasa yaitu 41,062.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sid p |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan pemecahan masalah; Komunikasi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 03:46 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21589 |