Simanjuntak, Romauli (2016) PENGGUNAAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SD NEGERI 177051 LAEMAGARAMBUNG KEC. TARABINTANG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan
menggunakan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok
bahasan volume bangun ruang di kelas VI SD Negeri 177051 Laemaga Rambung
Tarabintang Kab. Humbang Hasundutan TA 2015/2016? Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode inquiry dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan volume bangun ruang di
Kelas VI SD Negeri 177051 Laemaga Rambung Tarabintang Kab. Humbang
Hasundutan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek seluruh siswa kelas VI sebanyak 26 orang
siswa. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus yang terdiri
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan test hasil belajar. Sebagai tolak ukur
keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa meningkat, bila tingkat
ketuntasan klasikal sebesar > 70.
Berdasarkan analisis data pada saat pretes dari 26 orang siswa diperoleh
tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 3 orang siswa 12% mendapat nilai tuntas,
dan sebanyak 23 orang siswa 88% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai ratarata
48,46. Pada siklus I terdapat terdapat sebanyak 9 orang siswa 35% mendapat
nilai tuntas, dan sebanyak 17 orang siswa 65% mendapat nilai belum tuntas
dengan rata-rata nilai rata-rata 60,76. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan
klasikal sebanyak 23 orang siswa 88% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 3
orang siswa 12% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 80,76.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode
inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika
materi pokok volume bangun ruang. Oleh karenanya guru perlu meningkatkan
keterampilannya dengan menerapkan metode inquiry sebagai upaya yang dapat
dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 268 |
Keywords: | Matematika; hasil belajar; Metode Inquiry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Nov 2016 03:21 |
Last Modified: | 18 Nov 2016 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21564 |