Hutagalung, Lentina (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERING HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 173467 SITINJAK TEMBA KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : hasil
belajar siswa masih rendah belum mencapai nilai ketuntasan yaitu 65 dalam
pelajaran IPS materi pokok Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS kelas V SDN.173467 Sitinjak Temba. Yang menjadi rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe numbering head together (NHT) dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas V SDN.173467 Sitinjak Temba?
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2
siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu : perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 173467 Sitinjak
Temba yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada
materi pokok Kenampakan Alam dan Buatan dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbering Head Together (NHT). Data yang
digunakan diperoleh dengan menggunakan tes yang berbentuk soal essay tes yang
dilakukan dalam bentuk pos tes I dan pos tes II. Masing-masing tes terdiri dari 10
butir soal. Pos tes dari hasil belajar I diberikan setelah dilakukan tindakan I dan
pos tes hasil belajar II diberikan setelah dilakukan tindakan II.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pada pretes 39,66 dan
menigkat menjadi 65,33.Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, tingkat
ketuntasan belajar mencapai 23,33 % . Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan
belajar 90 % atau dengan kata lain setelah dilakukan siklus II siswa keseluruhan
telah mencapai standar ketuntasan belajar diatas 75 %.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbering Head Together (NHT) dapat
menigkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V SDN 173467 Sitinjak
Temba Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 277 |
Keywords: | Hasil belajar; Model Pembelajaran; Alam |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 07:26 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21537 |