Bancin, Hamdan (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN NOMOR : 030424 LAE IKAN KABUPATEN PAKPAK BHARAT TP.2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
2. NIM. 114522314018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
3. NIM. 114522314018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
4. NIM. 114522314018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
5. NIM. 114522314018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
6. NIM. 114522314018 TABLES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7. NIM. 114522314018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
9. NIM. 114522314018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM. 114522314018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
14. NIM. 114522314018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diambil dalam Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA Model Contextual Teaching Learning (CTL) merupakan salah satu upaya yang dilakuka untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Nomor : 030424 Lae Ikan sebab model Contextual Teaching Learning (CTL) merupakan strategi belajar orang menuntut keaktipan berpikir siswa dalam memahami konsep-konsep pembelajaran yang memperbaiki suatu jawaban yang beryujuan untuk memotivasi siswa belajar yang optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA (Sains) pokok bahasan energi panas dan energi bunyi menggunankan model Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN Nomor : 030424 Lae Ikan dengan jumlah 18 orang siswa, 8 Laki-laki dan 10 Perempuan.
Alat yang digunakan dalam pelaksanaan pengumpulan data adalah melakukan percobaan dengan benad lilin, korek api, dan juga observasi dan essay tes pada setiap siklus berlangsung penelitian ini dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan.
Sebelum melakukan pembelajaran terlebih dahulu melakukan tes awal berdasarkan hasil tes menunjukan dari 18 siswa 2 siswa yang tuntas dalam belajar. Dan dalam siklus satu terdapat 9 orang dari 18 siswa (50%) yang tuntas dalam belajar dan pada siklus dua diproleh tingkat ketuntasan hasil belajar sebanyak 15 siswa (83,33 %) dari 18 siswa.
Jika dibandingkan dengan siklus satu, ketuntasan belajar pada siklus dua semakin meningkat dengan persentase pada siklus dua siswa telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sehingga tidak perlu melakukan siklus berutnya.
Dengan demikian dapat disimpulakn bahwa dengan menggunakan model Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA (Sains) kelas IV SDN Nomor : 030424 Lae Ikan Pakpak Bharat tahun Pelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 209 |
Keywords: | Pembelajaran Berbica; SD;Keterampilan Berbicara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 03:18 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21495 |