Marpaung, Rosmei (2016) PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI DESA TUKKA KECAMATAN PAKKAT KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1122171002 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 1122171002 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM. 1122171002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4. NIM. 1122171002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
5. NIM. 1122171002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 1122171002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM. 1122171002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
7. NIM. 1122171002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM. 1122171002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM. 1122171002 BAB I.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
13. NIM. 1122171002 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
14. NIM. 1122171002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu:1. Pengetahuan orangtua tentang
pentingnya pendidikan anak usia dini masih kurang. 2 Dari 50KK orang tua yang
memiliki anak usia dini masih banyak orangtua lebih memilih memasukkan anak
mereka kelembaga PAUD yang jaraknya jauh dari tempat tinggal mereka. 3.
Kualitas layanan lembaga PAUD yang kurang memadai. Tujuan dari penelitian
ini adalah mengetahui persepsi orangtua terhadap kualitas layanan pendidikan
anak usia dini di desa Tukka Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang
Hasundutan.
Menurut Wolberg (Ruth Novarianti, 2015) mengungkapkan bahwa:
“Persepsi merupakan suatu proses yang dimulai dari penglihatan hingga terbentuk
tanggapan yang terjadi dalam diri individu sehingga individu sadar akan segala
sesuatu dalam lingkungannya melalui indera-indera yang dimilikinya. Manusia
sebagai makhluk sosial yang sekaligus juga makhluk individual, maka terdapat
perbedaan antara individu yang satu dengan yang lainnya.”
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kuantitatif. Sampel yang diambil dari penelitian ini sebanyak 50 KK/orang, orang
tua yang memiliki anak usia dini di Desa Tukka. Alat pengumpulan data yang
digunakan adalah angket (kuesioner) dan teknik analisis datanya menggunakan
rumus P= X 100 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi orang tua terhadap kualitas
layanan pendidikan anak usia dini terhadap standar tingkat pencapaian
perkembangan dikategorikan Sangat Baik terlihat dari jawaban responden yaitu
sebanyak (76%), standar pendidik dan tenaga kependidikan dikategorikan Kurang
Baik yaitu sebanyak (40,6%), standar isi, proses, dan penilaian dikategorikan
Kurang Baik (43,6%), dan standar sarana dan prasarana, pengelolaan dan
pembiayaan dikategorikan Baik yaitu sebanyak (53,6%). Jadi kualitas layanan
pendidikan anak usia dini dikategorikan Baik dilihat berdasarkan hasil jawaban
tertinggi responden yaitu Baik dengan rata-rata 26,4 yaitu sebanyak 52,8%.
Semua layanan harus saling mendukung antara yang satu dengan yang lain agar
lembaga PAUD tersebut berkualitas sesuai dengan standar yang ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PLS 055 |
Keywords: | Pendidikan Anak Usia Dini; layanan; Lembaga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Nov 2016 08:03 |
Last Modified: | 11 Nov 2016 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21399 |