Nasution, Mukhairani Putri (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PEMAHAMAN IDENTITAS GENDER SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 34 MEDAN T. A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123151028 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 1123151028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (876kB) | Preview
3. NIM. 1123151028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 1123151028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 1123151028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 1123151028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1123151028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1123151028 BAB I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
12. NIM. 1123151028 BAB V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
13. NIM. 1123151028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap pemahaman identitas gender siswa kelas VII di SMP Negeri 34 Medan T.A. 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap pemahaman identitas gender siswa kelas VII di SMP Negeri 34 Medan T.A. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 34 Medan kelas VII Anggota Pramuka yang berjumlah 10 orang, yang memiliki pemahaman identitas gender rendah. Instrumen yang digunakan adalah angket pemahaman identitas gender yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Bentuk angket yang digunakan adalah bentuk pilihan atau multiple choice sebanyak 50 butir angket yang terlebih dahulu diujicobakan kepada siswa kelas VII-E kemudian dianalisis untuk mendapatkan butir item yang valid dan reliabel. Dari hasil uji coba diperoleh 34 butir item angket yang valid dan reliabel sehingga dapat untuk mengumpulkan data selanjutnya. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pre-test dan post-test. Pre-test diberikan sebelum dilakukan bimbingan kelompok dan post-test diberikan setelah dilakukan bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok teknik role playing berpegaruh dalam pemahaman identitas gender siswa kelas VII SMP Negeri 34 Medan T.A. 2015/2016. Hal ini terbukti dengan uji t yang dilakukan dengan hasil diperoleh nilai thitung 9,35 tersebut di konsultasikan dengan nilai taraf signifikasi 95% dan α 0,05 t tabel sebesar 2,262 maka thitung>ttabel atau 9,35>2,262. maka Hipotesis Ha diterima artinya ada perbedaan di antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan, maka hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh bimbingan kelompok teknik role playing terhadap pemahaman identitas gender siswa kelas VII di SMP Negeri 34 Medan T.A. 2015/2016 dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 062 |
Keywords: | Bimbingan kelompok; teknik role playing; identitas gender |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 04:32 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21382 |