Khairani, Nurjannah (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (841kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Rumusan penelitian ini adalah “Apakah melalui pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat meningkatkan keterampilan sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016?”.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengumpulan data melalui angket keterampilan sosial untuk menjaring data tentang keterampilan sosial siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabelitas angket. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik role playing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) yang terdiri dari 2 siklus, siklus I dan siklus II masing-masing siklus dilakukan dua kali pertemuan. Analisis data menggunakan perhitungan persentase.
Berdasarkan hasil analisis angket sebelum diberikan tindakan, diketahui bahwa dari 326 orang siswa diperoleh 10 orang siswa yang bermasalah dalam keterampilan sosial melalui teknik sampling purposive. 10 orang siswa tersebut 4 memperoleh skor dengan kriteria cukup dan 6 orang siswa memiliki kriteria kurang, sehingga pra siklus diperoleh rata-rata 0%. Dari hasil analisis data pada siklus I setelah diberikan tindakan diketahui 4 orang siswa yang mengalami peningkatan keterampilan sosial, sehingga persentase keberhasilan memperoleh 40%. Pada siklus II terjadi peningkatan pada keterampilan sosial siswa yaitu 80% karena diperoleh 8 orang siswa yang mengalami peningkatan. Walaupun masih ada 2 orang yang dikategorikan sedang, namun tingkat keberhasilan layanan sudah mencapai target yakni di atas 75%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosial siswa dapat ditingkatkan melalui pemberian layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada kelas VII di SMP Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 067 |
Keywords: | Keterampilan Sosial; Bimbingan Kelompok;Teknik Role Playing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 04:12 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21378 |