Tarigan, Rio Romanda P (2016) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK REALITA TERHADAP PERILAKU BOLOS SISWA KELAS X SMA NEGERI I SIBOLANGIT T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 1123351018 COVER.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2.NIM 1123351018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (993kB) | Preview
3.NIM 1123351018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4.NIM 1123351018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5.NIM 1123351018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6.NIM 1123351018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7.NIM 1123351018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
8.NIM 1123351018 BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
10.NIM 1123351018 BAB V.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
13.NIM 1123351018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok realita terhadap perilaku bolos pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sibolangit Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok realita terhadap perilaku bolos siswa kelas X SMA Negeri 1 Sibolangit T.A 2015/2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pre-test dan post – test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 8 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui perilaku bolos, Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok realita. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon.
Hasil analisa data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung = 17.5 dengan α = 0,05 dan n = 8, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 4. Dengan demikian Jhitung > Jtabel (17.5 > 4). Data Pre-test diperoleh rata – rata 97,5 (sering berperilaku bolos) sedangkan setelah pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita (Post-test) diperoleh rata-rata 55,5 (Tidak berperilaku bolos). Artinya rata-rata siswa setelah mendapat layanan konseling kelompok realita lebih rendah daripada sebelum mendapat layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita. Perubahan penurunan interval perilaku bolos siswa setelah diberi layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita sebesar 42 atau 43.07 %. Hal ini menunjukan ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita terhadap perilaku bolos siswa kelas X SMA Negeri 1 Sibolangit T.A 2015/2016 atau hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 033 |
Keywords: | Perilaku Membolos; Konseling Kelompok; Pendekatan Realita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 07:21 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21349 |