MENINGKATKAN SELF MANAGEMENT DALAM BELAJAR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PEGAJAHAN T.A 2015/2016

Sihombing, Simi Andriani (2016) MENINGKATKAN SELF MANAGEMENT DALAM BELAJAR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PEGAJAHAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 1123351023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 1123351023 COVER.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 1123351023 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 1123351023 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1123351023 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1123351023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1123351023 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1123351023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 1123351023 DAFATR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 1123351023 DAFATR ISI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 1123351023 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 1123351023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 1123351023 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 1123351023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 1123351023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 1123351023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 1123351023 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 1123351023 BAB I.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 1123351023 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 1123351023 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 1123351023DAFTAR  PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 1123351023DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Self Management dalam belajar dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pegajahan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan self management dalam belajar pada siswa kelas VII 4 melalui layanan bimbingan kelompok di SMP Negeri 2 Pegajahan Tahun Ajaran 2015/2016.
Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling) dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tekhnik wawancara, angket dan observasi. Subjek dari penelitian ini adalah 10 orang siswa. 6 orang siswa yang memiliki self management dalam belajar yang rendah, 2 orang siswa memiliki self management dalam belajar yang sedang dan 2 orang siswa memiliki self management dalam belajar tinggi. Analisa data digunakan dengan tekhnik deskriptif kualitatif dan analisis persentase.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan self management dalam belajar siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan. Siklus I (satu) 40% dan pada Siklus II (dua) 80%. Subjek penelitian yang awalnya 6 orang siswa yang memiliki self management dalam belajar rendah, 2 orang siswa memiliki self management dalam belajar sedang, dan 2 orang siswa memiliki self management dalam belajar tinggi setelah diberikan layanan menjadi memiliki self management dalam belajar yang meningkat dan positif antar siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melaksanakan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan self management dalam belajar siswa kelas VII-4 smp negeri 2 pegajahan tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BK 048
Keywords: Self management dalam belajar; Bimbingan Kelompok;layanan Kelompok
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Nov 2016 06:58
Last Modified: 09 Nov 2016 06:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21344

Actions (login required)

View Item
View Item