PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEMAN SEBAYA MENGGUNAKAN TEKNIK REALITA TERHADAP KONSEP DIRI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Khairiyah, Lailan (2016) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEMAN SEBAYA MENGGUNAKAN TEKNIK REALITA TERHADAP KONSEP DIRI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 1123351013 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 1123351013 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 1123351013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2.NIM 1123351013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (690kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 1123351013 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.NIM 1123351013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 1123351013 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.NIM 1123351013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 1123351013 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.NIM 1123351013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 1123351013 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6.NIM 1123351013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 1123351013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7.NIM 1123351013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 1123351013 BAB 1.pdf]
Preview
Text
8.NIM 1123351013 BAB 1.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[thumbnail of 12.NIM 1123351013 BAB 5.pdf]
Preview
Text
12.NIM 1123351013 BAB 5.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Adakah Pengaruh Konseling Kelompok Teman Sebaya Menggunakan Teknik Realita Terhadap Konsep Diri Mahasiswa Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teman sebaya menggunakan teknik realita terhadap konsep diri mahasiswa Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang mahasiswa yang memiliki konsep diri rendah, yang akan diberikan layanan konseling kelompok teman sebaya menggunakan teknik realita. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu menggunakan angket konsep diri, yang sebanyak 55 butir pernyataan angket konsep diri terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliabel. Dan menjadi 30 butir pernyataan angket konsep diri sebagai pengumpul data.
Dari hasil analisi diperoleh data pre-test mahasiswa rata-rata = 45,3 termasuk kategori rendah dan Standart Deviasi (SDx) = 47,87, sedangkan hasil data post-test rata-rata = 62,4 termasuk kategori tinggi dan Standart Deviasi (SDy) = 65,94. Teknik uji hipotesis menggunakan rumus uji Wilcoxon (J) yang memperoleh hasil Jhitung = 22 sedangkan harga Jtabel = 6. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 9, α = 0,05 pengujian dua arah J0,05 = 6. Oleh karena J (22 > 6 ). Sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel. Dengan demikian dinyatakan ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok teman sebaya menggunakan teknik realita terhadap konsep diri mahasiswa Universitas Negeri Medan 2015/2016. Dengan kata lain hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BK 041
Keywords: Konseling Kelompok Teman Sebaya; Teknik Realita; Konsep Diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Nov 2016 03:49
Last Modified: 09 Nov 2016 03:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21321

Actions (login required)

View Item
View Item