Hidayani, Arini (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI DINAMIKA ROTASI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146175002 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8146175002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
3. NIM. 8146175002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 8146175002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 8146175002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 8146175002 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 8146175002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8146175002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8146175002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
13. NIM. 8146175002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 8146175002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang sesuai dengan model pembelajaran berbasis masalah dan menganalisis apakah perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang dikembangkan dapat meningkatkan respon dan kemampuan pemecahan masalah siswa serta kelayakan perangkat pembelajaran ditinjau dari segi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian pengembangan ini dilakukan pada uji terbatas satu kelas dengan menggunakan metode penelitian pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel. Tiga tahapan pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS seperti penilaian tim ahli, uji kelompok kecil dan uji lapangan. Penilaian tim ahli didasarkan pada aspek format, isi dan bahasa. Uji kelompok kecil didasarkan pada respon siswa sedangkan uji lapangan berdasarkan respon siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Khusus pada penilaian perangkat pembelajaran RPP, penilaian observer terhadap kemampuan guru mengajar. Penilaian perangkat pembelajaran LKS berdasarkan aspek format, isi dan bahasa. Penilaian kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan pretest dan posttest dianalisis dengan uji N-gain. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang divalidasi oleh tim ahli berturut-turut sangat baik dan baik. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS pada kelompok kecil dan uji lapangan dengan kategori baik. RPP dan LKS dinamika rotasi berbasis masalah yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah yang memuat fase-fase Problem Based Learning secara utuh. Selain itu baik dari aspek format penulisan serta dari aspek isi dan bahasa yang harus lebih komunikatif serta memenuhi syarat dari model pembelajaran yang digunakan. Secara rinci juga dapat dijelaskan bahwa baik dari indikator kebenaran materi, kesesuaian tugas dengan materi, kesesuaian kalimat dengan taraf berpikir siswa serta kejelasan petunjuk dan arahan dalam LKS serta mampu mengangkat permasalahan yang terbaru. Hasil analisis angket respon siswa terhadap LKS yang telah digunakan menunjukkan kategori baik. Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dari pertemuan I hingga pertemuan III dari kategori rendah ke kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 531.340 712 Hid p |
Keywords: | Perangkat pembelajaran berbasis masalah; Respon siswa; Kemampuan pemecahan masalah siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 04:32 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21232 |