Fitri, Rika Yulia (2016) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146176014 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM. 8146176014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
3. NIM. 8146176014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM. 8146176014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 8146176014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM. 8146176014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. NIM. 8146176014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM. 8146176014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. NIM 8146176014 BAB 1.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
13. NIM 8146176014 BAB V.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
14. NIM 8146176014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : menganalisis apakah hasil kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model problem based learning lebih baik daripada pembelajaran konvensional, menganalisis apakah hasil kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki adversity quotient di atas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki adversity quotient di bawah rata-rata, menganalisis apakah ada interaksi antara model problem based learning dengan adversity quotient siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Takengon semester II tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling, yaitu sebanyak 2 kelas berjumlah 68 orang. Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning terdiri atas 34 orang siswa, kelas X-2 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional terdiri atas 34 orang siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes essay kemampuan pemecahan masalah terdiri dari 5 soal dan tes adversity quotient dalam bentuk angket terdiri dari 20 kasus serta telah dinyatakan valid dan reliabel. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki adversity quotient di atas rata-rata lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki adversity quotient di bawah rata-rata, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran problem based learning dan pembelajaran konvensional dengan adversity quotient dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Fit e |
Keywords: | Model problem based learning; Pembelajaran konvensional; Adversity quotient; Kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 04:26 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21230 |