Nugroho, Try Agung (2016) PEMBELAJARAN ALAT MUSIK PERKUSI PADA SISWA PENYANDANG TUNAGRAHITA DI SLB A/B/C MELATI AISYIYAH DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.TRY AGUNG NUGROHO NIM 2113142079 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2.TRY AGUNG NUGROHO NIM 2113142079 PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
3.TRY AGUNG NUGROHO NIM 2113142079 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4.TRY AGUNG NUGROHO NIM 2113142079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5.TRY AGUNG NUGROHO NIM 2113142079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
6.TRY AGUNG NUGROHO NIM 2113142079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7.TRY AGUNG NUGROHO NIM 2113142079 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8.TRY AGUNG NUGROHO NIM 2113142079 BAB I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
12.TRY AGUNG NUGROHO NIM 2113142079 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
13.TRY AGUNG NUGROHO NIM 2113142079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Pembelajaran Alat Musik Perkusi Pada Siswa Penyandang Tunagrahita di SLB A/B/C Melati Aisyiyah Deli Serdang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran alat musik perkusi pada siswa penyandang tunagrahita di SLB A/B/C Melati Aisyiyah Deli Serdang, untuk mengetahui metode pembelajaran alat musik perkusi pada siswa penyandang tunagrahita, untuk mengetahui apa saja sarana dan prasarana yang dipergunakan dalam proses pembelajaran alat musik perkusi pada siswa penyandang tunagrahita,untuk mengetahui jenis pattern apa yang dipelajari dalam pembelajaran alat musik perkusi pada anak penyandang tunagrahita, Untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran alat musik perkusi pada siswa penyandang tunagrahita, untuk mengetahui bagaimana hasil belajar anak tunagrahita dalam bermain alat musik perkusi.
Penelitian ini bedasarkan landasan teoritis yang menjelaskan teori pembelajaran, kendala pembelajaran, strategi pembelajaran, strategi pembelajaran perkusi, metode pembelajaran, teori alat-alat musik, teknik bermain perkusi, pengertian tunagrahita, sarana dan prasarana.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tunagrahita berjumlah 7 siswa. Pengumpulan data ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan.
Setelah menganalisis keseluruhan data, ditemukan beberapa kesimpulan. Langkah Pembelajaran alat musik perkusi pada siswa penyandang tunagrahita diawali dengan memperkenalkan alat musik perkusi, lalu berlatih cara memegang dan memainkan alat musik perkusi, kemudian guru menulis not pattern not ¼ di papan tulis dengan 8 ketukan, mempraktekan memainkan pattern not yang telah diberikan guru dengan alat perkusi masing-masing. Metode yang digunakan dalam pembelajaran perkusi adalah metode ceramah, metode demonstrasi. Sarana dan prasarana adalah alat musik timbalis, jimbe, tamborin, rebana,castanyet, cowbell, handbell, maracas, gedung sekolah,ruangan kelas, ruangan praktek. Jenis pattern yang dipelajari dalam pembelajaran perkusi adalah pattern perkusi not 1/4. Kendala yang dihadapi akan dapat diatasi jika ada kerja sama yang baik antara guru dan murid. Pembelajarn alat musik perkusi di SLB A/B/C Melati Aisyiyah dapat digolongkan berhasil dan lulus dengan nilai yang bervariasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSK 051 |
Keywords: | Pembelajaran; Alat Musik Perkusi; Siswa Tunagrahita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Nov 2016 04:55 |
Last Modified: | 05 Nov 2016 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21191 |