Ray, Sukma Adelina (2016) HUBUNGAN PENGUASAAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT OLEH SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123311081 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. NIM. 2123311081 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (688kB) | Preview
3. NIM. 2123311081 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4. NIM. 2123311081 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 2123311081 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
6. NIM. 2123311081 TABLES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 2123311081 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM. 2123311081 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
12. NIM. 2123311081 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM. 2123311081 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2015/2016 dengan sampel berjumlah 78. Metode yang digunakan adalah ex post facto yang bertujuan untuk melihat fakta yang ada dari beberapa gejala atau fenomena dalam masalah penelitian serta memberikan gambaran korelasi dan kontribusi/sumbangan dari penelitian tersebut.
Dalam penelitian ini data penguasaan isi, struktur, ciri kebahasaan, dan kemampuan menulis teks anekdot dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban dan diberi skor 1 untuk jawaban benar, skor 0 untuk jawaban salah dengan rentang nilai 0 – 100. Sedangkan, data kemampuan menulis teks anekdot dikumpulkan dalam bentuk tes essay.
Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini digunakan dengan teknik analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang berarti dan signifikan antara penguasaan isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks anekdot dengan persamaan regresi ganda Y = 91,697 + 0,058 + 0,325 + 0,0,161X3 dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 6,3 % yang berarti bahwa kemampuan menulis teks anekdot dapat dijelaskan oleh X1, X1, dan X3. Dari hasil regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif yang berarti antara hubungan penguasaan isi dengan kemampuan menulis teks anekdot dengan koefisien korelasi rx1y=0,034, hubungan penguasaan struktur dengan kemampuan menulis teks anekdot dengan koefisien korelasi rx2y=0,205, hubungan penguasaan cirri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks anekdot dengan koefisien korelasi rx3y=0,006.
Hasil penelitian yang diperoleh terdapat hubungan yang signifikan dan berarti antara penguasaan isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks anekdot.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 147 |
Keywords: | Struktur; Ciri kebahasaan;Teks anekdot |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 01:58 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21130 |