Sari, Yuliana (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP SWASTA SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2123311090 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM 2123311090 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (671kB) | Preview
3. NIM 2123311090 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM 2123311090 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 2123311090 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 2123311090 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 2123311090 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 2123311090 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
9. NIM 2123311090 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. NIM 2123311090 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 2123311090 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks berita. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis teks berita menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Sinar Husni Medan yang berjumlah 107 orang. Sampel penelitian tersebut diambil menggunakan teknik random sampling dan didapat kelas VIII-3 sebagai sampel penelitian yang berjumlah 30 orang. Metode atau cara yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model One Group Pre-Test and Post-Test Design. Pre-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam menulis teks berita sebelum menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW), yaitu memperoleh nilai rata-rata 64.33. Lalu post-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW), yaitu memperoleh nilai rata-rata 79.16. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu 7.34 > 2.00 maka dapat membuktikan bahwa hipotesis alternatif ( diterima. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Swasta Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 169 |
Keywords: | Model Pembelajaran Think-Talk-Write; Menulis; Teks Berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc. |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 08:20 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21112 |