Sihombing, Hermansyah (2016) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING BERORIENTASI LESSON STUDY TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMA KELAS XI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146142013 Cover.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 8146142013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3. NIM 8146142013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 8146142013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM 8146142013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. NIM 8146142013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM 8146142013 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 8146142013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 8146142013 BAB I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
13. NIM 8146142013 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM 8146142013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui hasil belajar melalui pembelajaran Project Based Learning berorientasi Lesson Study lebih tinggi daripada hasil belajar dengan Direct Instruction; (2) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh tingkat kreativitas tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa melalui pembelajaran Project Based Learning berorientasi Lesson Study dan pembelajaran Direct Instruction; (3) Untuk mengetahui interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat kreativitas terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen I yang dibelajarkan pembelajaran project based learning berorientasi lesson study sebanyak 72 siswa dan kelas eksperimen II yang dibelajarkan direct instruction sebanyak 72 siswa. Instrumen penelitian ini berupa hasil belajar dengan instrument tes berbentuk pilihan ganda dan tes kreativitas dengan angket kreativitas. Telah dilakakukan uji persyaratan berupa uji normalitas, homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Teknik analisis varian dua jalur (two way ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang diajarkan pada pembelajaran project based learning berorientasi lesson study lebih tinggi daripada direct instruction (sign.=0,000< 0,05); (2) Terdapat pengaruh perbedaan tingkat reativitas tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan Project Based Learning berorientasi Lesson Study dan yang dibelajarkan Direct Instruction terhadap hasil belajar siswa (p=0,000<0,05). Siswa dengan tingkat kreativitas tinggi memperoleh rata-rata hasil belajar 0,739 lebih tinggi dibandingkan siswa dengan tingkat kreativitas rendah dengan rata-rata hasil belajar 0,722; (3) Terdapat interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat kreativitas tinggi terhadap hasil belajar siswa (0,000<0,05). Siswa yang memiliki kemampuan kreativitas tinggi yang dibelajarkan model Project Based Learning berorientasi Lesson Study memiliki rata-rata hasil belajar (0,839) yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan Direct Instruction (0,623).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.360 712 Sih p |
Keywords: | Project based learning; Lesson study; Direct instruction; Kreativitas siswa; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 07:38 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21110 |