Dawiyah (2016) EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INDAH PUISI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 39 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2122111003_COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 2122111003_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
3. NIM. 2122111003_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 2122111003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 2122111003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 2122111003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 2122111003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM. 2122111003_BAB I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
12. NIM. 2122111003_BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
13. NIM. 2122111003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan metode demonstrasi
terhadap kemampuan membaca indah puisi yang dilaksanakan pada bulan
Agustus 2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 39 Medan
Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi pada penelitian ini berjumlah 240 siswa
yang tersebar atas 6 kelas. Sampel berjumlah 80 siswa yang terdiri dari 2 kelas, yaitu
kelas VII-D berjumlah 40 siswa yang ditetapkan sebagai kelas eksperimen menggunakan
metode demonstrasi dan kelas VII-E berjumlah 40 siswa ditetapkan sebagai kelas kontrol
menggunakan metode ekspositori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen kuantitatif dengan desain posttest control only desain
group. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” , dikonsultasikan
dengan “r”. Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan membaca indah puisi
dengan mnggunakan metode ekspositori diperoleh rata-rata= 62,5, standar
deviasi= 13,55 dan termasuk pada kategori normal namun tidak memenuhi KKM
yang telah ditetapkan yaitu 75, kemudian hasil kemampuan membaca indah puisi
menggunakan metode demonstrasi dengan rata-rata= 79,25, standar deviasi=
11,48 dan termasuk pada kategori tinggi. Dari uji normalitas hasil kemampuan
membaca indah puisi menggunakan metode demonstrasi dan metode didapat
keduanya berdistribusi normal. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf
signifikansi 5% dengan dk = (N1+N2)-2 =78. Pada tabel dk = 78 diperoleh taraf
signifikan 5%=2, karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 5,91>2, pada taraf
nyata α=0,05 maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hal ini berarti
membaca indah puisi dengan metode pembelajaran demonstrasi lebih efektif
dibandingkan dengan metode pembelajaran Ekspositori. Dapat disimpulkan bahwa
metode demonstrasi lebih efektif daripada metode ekspositori terhadap kemampuan
membaca indah puisi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 39 Medan Tahun
Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 157 |
Keywords: | Membaca Puisi; Metode Demonstrasi;Metode Ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 04:05 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21100 |