Situmorang, Karlina Patricia (2016) EFEKTIVITAS METODE BIOWRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA SANTO YOSEPH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 209111038 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
02 209111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (926kB) | Preview
03 209111038 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
04 209111038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
05 209111038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
06 209111038 TABLES.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
07 209111038 PICTURE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
08 209111038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
09 209111038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
13 209111038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14 209111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode biowriting
terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA St. Yoseph Medan
Tahun Pembelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan pelaksanaan pembelajaran
yaitu dengan metode biowriting. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA
St. Yoseph Medan Tahun 2016. Jumlah sampel 160 orang yang terdiri dari 4
kelas. Sampel sebanyak 80 orang yang terdiri dari 2 kelas diperoleh dengan
teknik random sampling, dimana satu kelas menjadi kelas kontrol dan kelas
lain menjadi kelas eksperimen. Untuk mengetahui efektifitas metode biowriting
terhadap kemampuan menulis digunakan uji statistik rerata dua kelompok tidak
berpasangan atau uji t-tidak berpasangan. Dari hasil perhitungan hipotesis
menggunakan uji – t dari data post- test menulis cerpen kelas experimen dan
menulis cerpen kelas kontrol diperoleh thitung = 3,39. Dari daftar distribusi t
dengan menggunakan uji - t dua pihak yaitu 1- 1/2α yaitu 0,975 dengan dk n-2=
38 diperoleh harga t (0,975)(38) = 2,021. Dalam kriteria pengujian hipotesis
dinyatakan bahwa pada thitung > ttabek (3,39 > 2,021) sehingga H0 ditolak dan Ha
diterima. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran biowriting efektif
digunakan dalam mengembangkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X
SMA. Dalam pelaksanaannya, selain menunjukkan peningkatan nilai pada
siswa, penerapannya pun menambah variasi belajar di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 200 |
Keywords: | Metode Belajar; Efektifitas Metode Biowriting;Menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 02:22 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21079 |