Simamora, Yenti Ditha (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG DI SD NEGERI 106832 SUKAMANDI HULU KABUPATEN DELI SERDANG KELAS V TA 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126182044 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. 8126182044 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
3. 8126182044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. 8126182044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. 8126182044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. 8126182044 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. 8126182044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. 8126182044 ATTACHEMENT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. 8126182044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. 8126182044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. 8126182044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dalam belajar matematika pada materi bangun ruang khususnya balok dan kubus dikelas V SD Negeri 106832 Sukamandi Hulu kabupaten Deli Serdang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian 20 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui tes esai yang diberikan setiap akhir pembelajaran. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menentukan rata-rata persentase hasil belajar siswa selama pembelajaran menggunakan pendekatan realistik, penilaian hasil belajar siswa berupa ketuntasan hasil belajar pada tes esai. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran Matematika. Hal ini dapat diketahui dari hasil penilaian yang sudah diberikan. Adapun peningkatannya adalah pada saat tes awal ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan 45%, setelah dilakukan tindakan menggunakan pendekatan realistik ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan meningkat 10% dari jumlah ketuntasan awal menjadi 55% pada post test siklus I. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan meningkat 25% dari nilai post test siklus I menjadi 80% pada post test siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan realistik pada pelajaran matematika disukai dan disenangi siswa. Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui pendekatan realistik matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas V SD khususnya pada materi bangun ruang kubus dan balok.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sim u |
Keywords: | Pemahaman konsep matematis; Pendekatan realistik; Model pembelajaran; Bangun ruang; Kubus; Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 02:57 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21049 |