Pasaribu, Sudianto (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS SWASTA MADINATUSSALAM. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8116182025 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIIM 8116182025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
3. NIIM 8116182025 ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIIM 8116182025 KATA PENGANTAR .pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIIM 8116182025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIIM 8116182025 DAFTAR TABEL. docx.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7. NIIM. 8116182025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
8. NIIM. 8116182025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
9. NIM. 8116182025 BAB I Tesis.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
13. NIM. 8116182025 BAB V Tesis.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 8116182025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah swasta Madinatussalam dengan penggunaan pembelajaran langsung berbantuan media komputer, (2) meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Madinatussalam melalui penggunaan pembelajaran langsung berbantuan media komputer, dan (3) menganalisa keefektifan pembelajaran dengan penggunaan pembelajaran langsung berbantuan media komputer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dikelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Madinatussalam Kecamatan Percut Seituan dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap tes kemampuan penalaran matematika, aktivitas guru dan siswa, dan angket motivasi belajar siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan : (1) penggunaan pembelajaran langsung berbantuan media komputer dapat meningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siklus I sebesar 66,61%, pada siklus II sebesar 79,56%. (2) penggunaan pembelajaran langsung berbantuan media komputer dapat peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa pada pembelajaran matematika materi lingkaran siklus I sebesar 40,00%, siklus II 85,71%, dan (3) ketuntasan kelas mengalami peningkatan terhadap pembelajaran matematika sebesar 45,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan kemampuan penalaran matematika siswa materi lingkaran melalui penggunaan pembelajaran langsung berbantuan media komputer pada siswa kelas VIII MTs Swasta Madinatussalam Kecamatan Percut Seituan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.34 Pas p |
Keywords: | Pembelajaran langsung; Penalaran matematika; Motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2016 03:54 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21018 |