Gurusinga, Laura Mayasari Br. (2016) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP PRIMBANA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. BAB V KESIMPULAN IMPLIKASI DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang layak digunakan pada materi teks berita di kelas VIII SMP Primbana Medan. (2) Mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan pada materi teks berita di kelas VIII SMP Primbana Medan. (3)Mengetahui keunggulan dan keefektifan multimedia dalam pembelajaran menulis teks berita.Jenis Penelitian ini merupakan Research and Development atau yang sering dikenal dengan nama (R&D) dengan metode pengembangan menggunakan model Borg dan Gall. Pengembangan pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini memiliki empat tahap yaitu: 1) Melakukan penelitian pendahuluan, 2) Pembuatan desain media, 3) memvalidasi materi kepada para ahli media, desain, dan materi, 4) Uji coba produk, 5) Produk Akhir. Tahapan uji coba produk dilakukan oleh ahli materi, media, uji coba perorangan (3 siswa), uji coba kelompok kecil (9 orang), dan uji coba lapangan (35 orang). Data tentang kualitas produk pengembangan multimedia interaktif ini dikumpul dengan angket. Data-data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi menulis teks berita dengan kategori sangat baik (92,29), (2) uji ahli media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dalam penilaian kategori sangat baik (92,36),(3) uji ahli desain pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan kategori sangat baik (91,51), (4) uji perorangan dengan kategori sangat baik (96,36%), (5) uji kelompok kecil dengan kategori sangat baik (95,75%), (6) uji lapangan dengan kategori sangat baik (97,52%). Dari hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis multimedia interaktif dalam menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Primbana Medan sangat layak dan mudah digunakan pada pembelajaran menulis teks berita. Pada uji keefektifan produk yang dilakukan dengan 2 tahap yaitu tahap pertama dengan menggunakan multimedia interaktif dan tahap kedua tanpa menggunakan multimedia interaktif memiliki perbedaan yang signifikan. Hasil pembelajaran menggunakan multimedia interaktif sebesar 83,00 sedangkan yang tanpa menggunakan multimedia interaktif sebesar 57,28. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa fitur multimedia interaktif merupakan suatu media pembelajaran yang efektif dan efisien digunakan dalam pembelajaran. Keunggulan multimedia interaktif selain efektif dan efisien, fitur multimedia interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dan pembelajaran dengan fitur multimedia interaktif dapat dilakukan secara kalsikal maupun individual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.707 1 Gur p |
Keywords: | Multimedia; Interaktif; Menulis; Teks berita; Media pembelajaran; Analisis data |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Oct 2016 03:18 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20989 |