Napitupulu, Irene Sani (2016) PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI OLEH SISWA KELAS X SMA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/ 2016. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136192016 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 8136192016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
3. NIM. 8136192016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM. 8136192016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM. 8136192016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 8136192016 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 8136192016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8136192016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. NIM. 8136192016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
13. NIM. 8136192016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM. 8136192016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kebiasaan membaca terhadap keterampilan menulis teks argumentasi, (2) pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis teks argumentasi, (3) pengaruh kebiasaan membaca dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis teks argumentasi oleh siswa kelas X SMA Methodist 1 Medan tahun pembelajaran 2015/2016.Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMA Parulian 1 Medan kelas X yang berjumlah 135 orang siswa dimana kelas ini merupakan kelas paralel yang terdiri dari tiga kelas yang masing-masing kelas terdiri dari 45 orang. Sampel diambil secara acak sederhana yaitu berjumlah 66 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan desain Ex Post Fakto. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dengan tes. data kebiasaan membaca menggunakan tes angket, data kemampuan berpikir kritis menggunakan tes pilihan berganda, sedangkan data keterampilan menulis teks argumentasi menggunakan tes penugasan yaitu menulis teks argumentasi. Berdasarkan hasil analisis regresi ganda dengan dua prediktor ditemukan nilai koefisien korelasi Ry (1,2) sebesar 0,791, R2y(1,2) 0,626 dan Fhitung sebesar 52,684 serta Ftabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,15. Harga Fhitung lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% (52,684 > 3,15). Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) kebiasaan membaca berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis, (2) kebiasaan membaca berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis teks argumentasi, (3) kebiasaan membaca dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis teks argumentasi pada siswa kelas X SMA Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.707 12 Nap p |
Keywords: | Kebiasaan membaca; Berpikir kritis; Keterampilan menulis teks argumentasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 08:55 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20943 |