Siregar, Junifer (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI EKSPOSITORIS SISWA KELAS X SMA KAMPUS FKIP UHN PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
8136192017 COVER.PDF - Published Version
Download (203kB) | Preview
8136192017 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (321kB) | Preview
8136192017 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (169kB) | Preview
8136192017 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (167kB) | Preview
8136192017 DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (223kB) | Preview
8136192017 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (246kB) | Preview
8136192017 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (32kB) | Preview
8136192017 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (33kB) | Preview
8136192017 BAB I.PDF - Published Version
Download (640kB) | Preview
8136192017 BAB V.PDF - Published Version
Download (328kB) | Preview
8136192017 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil Kemampuan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris yang diajar dengan meode brainstorming berdasarkan media gambar lebih tinggi dibandingkan siswayang diajar dengan metode konvensional, (2) Perbedaan hasil kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa yang memiliki penguasaan kosakata tinggi dengan penguasaan kosakata rendah, (3) Interaksi antara metode pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Kampus FKIP UHN Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2015/2016. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 62 orang siswa dimana 32 orang siswa sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan metode brainstorming berdasarkan media gambar dan 30 orang siswa sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan metode konvensional. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes menulis dan tes penguasaan kosakata. Metode penelitian yag digunakan adalah eksperimen semua desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α=0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa yang diajar dengan brainstorming berdasarkan media gambar lebih tinggi dibanding yang diajar dengan metode konvensional (Fhitung = 6,56 > Ftabel = 3,98), (2) Terdapat perbedaan hasil kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa yang memiliki penguasaan kosakata tinggi dengan penguasaan kosakata rendah (Fhitung = 4,40 > Ftabel = 3,98), (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap hasil kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa (Fhitung = 4,37 > Ftabel = 3,98)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.707 12 Sir p |
Keywords: | Kosakata; Media gambar; Karangan narasi; Metode pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 03:03 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20917 |