Rumapea, Thevran Eldo Radot (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII SMP AKP GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123111083 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 4123111083 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
3. NIM. 4123111083 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4. NIM. 4123111083 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5. NIM. 4123111083 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
6. NIM. 4123111083 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
7. NIM. 4123111083 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 4123111083 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 4123111083 BAB I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
13. NIM. 4123111083 BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
14. NIM. 4123111083 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa melalui pendekatan matematika realistik di
kelas VII-C SMP AKP Galang. Jenis penelitian ini adalah ini adalah penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing
dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VII-C SMP AKP Galang tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 39 orang. Objek
dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa melalui pendekatan matematika realistik pada materi pecahan di
kelas VII-C SMP AKP Galang tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan data
dilakukan dengan tes awal, tes kemampuan pemecahan masalah pada akhir siklus
dan lembar observasi untuk tiap kali pertemuan. Kemampuan pemecahan masalah
mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata
pemecahan masalah matematika siswa dari tes awal, siklus I, dan siklus II, yakni
dari 51,35 (51,35%) dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah sangat
rendah di tes awal menjadi 69,89 (69,89%) dengan tingkat kemampuan
pemecahan masalah rendah di siklus I dan menjadi 85,02 (85,02%) dengan tingkat
kemampuan tinggi di siklus II. Ketuntasan belajar matematika siswa mengalami
peningkatan secara klasikal dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Hal ini dapat
dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang tuntas dari tes awal, siklus I, dan
siklus II, yakni dari 9 (23,07%) siswa yang tuntas di tes awal menjadi 23
(58,97%) siswa yang tuntas di siklus I dan menjadi 35 (89,74%) siswa yang tuntas
di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: dengan
menggunakan pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan di kelas VII-C SMP
AKP Galang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 124 |
Keywords: | Belajar Matematika; Pendidikan Matematika Realistik;Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 07:27 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20910 |