UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.A. 2015/2016

Irwanto, Dedi (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4121111006 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4121111006 Cover.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4121111006 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4121111006 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4121111006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4121111006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4121111006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4121111006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4121111006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4121111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4121111006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4121111006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4121111006 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4121111006 TABLES.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4121111006 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4121111006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4121111006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4121111006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4121111006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4121111006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4121111006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4121111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui bagaimana peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok, (2) mengetahui bagaimana
keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dalam upaya
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-2 yang
berjumlah 33 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe investigasi kelompok.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2
siklus. Pada siklus I kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih dalam
kategori rendah, yaitu nilai rata-rata 58,18 dengan 19 siswa dari 33 siswa telah
mencapai kemampuan pemecahan masalah ≥ 65. Pada siklus I ini, kemampuan
pemecahan masalah secara klasikal belum tercapai karena masih 57,58%, sehingga
pembelajaran dilanjutkan ke siklus II.
Pada siklus II kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam
kategori sedang, yaitu nilai rata-rata 79,59 dengan 29 siswa dari 33 siswa telah
mencapai kemampuan pemecahan masalah ≥ 65. Pada siklus II ini, kemampuan
pemecahan masalah secara klasikal sudah tercapai yaitu sebanyak 87,88%, maka
tindakan dihentikan.
Berdasarkan hasil kemampuan pemecahan masalah siswa dari siklus I ke
siklus II disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi
Kelompok, dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe investigasi kelompok pada siklus I dikatakan tidak efektif, karena
salah satu indikator efektivitas pembelajaran yaitu ketuntasan klasikal tes kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa tidak mencapai 85% ( 57,58%). Sedangkan
pada siklus II pembelajaran dikatakan efektif karena (1) ketuntasan klasikal tes
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mencapai 87,88%, (2) ketuntasan
tujuan pembelajaran telah dicapai oleh ≥ 65% siswa, (3) waktu yang dibutuhkan
untuk proses pembelajaran tidak melebihi seperti biasa, dan (4) respon positif dari
siswa terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 123
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; Kubus dan balok; Volume
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 26 Oct 2016 07:11
Last Modified: 26 Oct 2016 07:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20908

Actions (login required)

View Item
View Item