Turnip, Olyvia Desi Christy (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP SWASTA P U T R I C A H A Y A M E D A N. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4123111057 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM.4123111057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM.4123111057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4. NIM.4123111057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. NIM.4123111057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM.4123111057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
7. NIM.4123111057 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. NIM.4123111057 APPENDICE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM.4123111057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (980kB) | Preview
13. NIM.4123111057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
14. NIM.4123111057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan representasi matematik di kelas
VIII SMP Putri Cahaya Medan yang belum tertangani dengan baik akibatnya
kemampuan representasi matematik siswa rendah. Oleh karena itu, guru harus
menentukan pendekatan pembelajaran yang tepat sehingga dapat mempermudah
siswa meningkatkan kemampuan representasi matematiknya. Salah satu pendekatan
yang dapat dilakukan adalah dengan mengimplementasikan pendekatan
pembelajaran Kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematik siswa
melalui implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada materi Relasi dan
Fungsi di kelas VIII SMP Swasta Putri Cahaya Medan. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VIII-1 SMP Swasta Putri Cahaya Medan T.A 2016/2017 yang
berjumlah 43 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan representasi
matematik siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Kontekstual pada
materi relasi dan fungsi. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada
siklus I melalui pemberian tes kemampuan representasi matematik I diperoleh 22
siswa (51,16%) yang telah mencapai ketuntasan belajar (kategori kemampuan
minimal sedang). Pada tindakan II mengalami peningkatan dimana untuk
kemampuan representasi matematik II diperoleh 40 siswa (93,02%) telah mencapai
ketuntasan belajar (nilainya 70). Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan
bahwa penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan
kemampuan representasi matematik siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas
VIII-1 SMP Swasta Putri Cahaya Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 155 |
Keywords: | Pendekatan Pembelajaran Kontekstual; Representasi Matematik; Relasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 06:17 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 06:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20897 |