Sartika, Elsi Abri (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DI KELAS XI SMA SWASTA PAB KECAMATAN PERCUTSEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4122111027 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM 4122111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
3. NIM 4122111027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4. NIM 4122111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. NIM 4122111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM 4122111027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4122111027 TABLES.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
8. NIM 4122111027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
9. NIM 4122111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (725kB) | Preview
13.NIM 4122111027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14.NIM 4122111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada materi limit di kelas XI SMA Swasta PAB Kecamatan Percut Sei Tuan.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta PAB di Kec. Percut Sei tuan, Kab. Deli Serdang pada Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 199 orang. Populasi pada penelitan ini dari 6 kelas dipilih 2 kelas secara acak sebagai kelas eksperimen A untuk pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan kelas eksperimen B untuk pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan instrumen berupa essai tes yang telah valid dengan jumlah 10 butir soal pretest dan 10 butir soal postest.
Nilai rata-rata hasil pretest eksperimen A sebesar 38,68 dan nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen B sebesar 38,36. Dari hasil analisis data pretest kelas eksperimen A diperoleh L0 = 0,146 < Ltabel = 0,173, dan data pretest kelas eksperimen B diperoleh L0=0,102 < Ltabel = 0,173. Sehingga disimpulkan data pretest kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pretest diperoleh bahwa kedua sampel homogen, dengan Fhitung = 1,082 < Ftabel = 2,65.
Nilai rata-rata hasil postest kelas eksperimen A sebesar 81,6 dan nilai rata-rata hasil postest kelas eksperimen B sebesar 74,32. Dari hasil analisis data postest kelas eksperimen A diperoleh L0 = 0,093 < Ltabel = 0,173, dan hasil postest kelas eksperimen B diperoleh L0= 0,102 < Ltabel = 0,173. Sehingga disimpulkan data postest kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data postest kedua sampel homogen dengan Fhitung = 1,046 < Ftabel = 2,65. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh bahwa thitung = 1,868 dan ttabel = 1,679. Hal ini berarti thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 tidak ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) di kelas XI IPS SMA Swasta PAB Kecamatan Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 150 |
Keywords: | Limit; Model Pembelajaran Kooperatif; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 05:02 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20894 |