Dewi, Irma Sintia (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA YANG MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123111034 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. 4123111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3. 4123111034 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4. 4123111034 PREFACE .pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. 4123111034 CONTENTS .pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. 4123111034 TABLES .pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. 4123111034 TABLES .pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. 4123111034 ILUSTRATIONS .pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. 4123111034 APPENDIX .pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. 4123111034 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
13. 4123111034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
14. 4123111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi daripada pembelajaran Konvensional pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Etis Landia Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester I SMP Etis Landia Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 144 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yang berjumlah 36 orang dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa adalah tes kemampuan berpikir kreatif yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran Konvensional diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 72,528 dan nilai rata-rata siswa kelas kontrol sebesar 64,94. Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 70 dan = 0,05, diperoleh thitung = 2,333 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,333 > 1,668 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi dari pembelajaran Konvensional pada siswa SMP Etis Landia Medan T.A 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 126 |
Keywords: | Kemampuan berpikir kreatif; Contextual Teaching and Learning; Kubus dan Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 04:56 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20893 |