Supriani, Reni (2016) UNSUR-UNSUR PSIKOLOGIS DALAM NOVEL 5 KELOPAK MAWAR BERBISA KARYA RIA JUMIARTI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA NEGERI 1 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
8136192021 COVER.PDF - Published Version
Download (125kB) | Preview
8136192021 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (208kB) | Preview
8136192021 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (223kB) | Preview
8136192021 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (274kB) | Preview
8136192021 DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (268kB) | Preview
8136192021 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (111kB) | Preview
8136192021 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (198kB) | Preview
8136192021 BAB I.PDF - Published Version
Download (565kB) | Preview
8136192021 BAB V.PDF - Published Version
Download (243kB) | Preview
8136192021 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan Unsur-unsur Psikologis dalam Novel 5 Kelopak Mawar Berbisa Karya Ria Jumiarti dan pemanfaatannya Sebagai Alternatif Pembelajaran Sastra di SMA Negeri 1 Binjai. Karya sastra hadir untuk dibaca, dinikmati, atau diapresiasi serta selanjutnya dimanfaatkan. Karya sastra dapat memberikan sesuatu yang berguna atau bermanfaat dan menyenangkan dan berguna bagi pembacanya. Menyenangkan berarti dapat memberikan hiburan dan kegembiraan bagi pembaca. Berguna berarti dapat memberikan hasil tertentu sesuai dengan permasalahan kehidupan yang telah ditampilkan pengarang. Unsur-unsur psikologis dalam novel 5 Kelopak Mawar Berbisa Teori-teori yang dijadikan acuan dalam penelitian meliputi : (1) penelitian sebelumnya yang relevan; (2) teori struktural (unsur intrinsik) adalah (a) Tema (b) Latar (c) Setting (d) alur (e) Tokoh (f) Sudut Panang (f) gaya bahasa; (3) teori unsur-unsur psikologis (Unsur Ekstrinsik) adalah Struktur, dinamika, dan Perkembangan Kepribadian, yang berhubungan dengan jiwa setiap tokoh yang diceritakan. (4) materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel 5 Kelopak Mawar Berbisa karya Ria Jumiarti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-interpretatif. Novel 5 Kelopak Mawar Berbisa dikisahkan suatu peristiwa dan perjalanan hidup yang disertai konflik-konflik, sehingga membuat unsur penceritaan lebih berkembang dan hidup serta mengungkapkan aspek-aspek kemanusiaan yang lebih mendalam dan disajikan dengan halus. Peneliti menganalisis novel yang menjadi rujukan sebagai alternatif pembelajaran sastra, yang mengandung unsur pengetahuan tentang sejarah kemerdekaan Bangsa Indonesia di tahun 1942 sampai dengan 1945 saat Bangsa Indonesia dijajah oleh Negara Jepang, dengan demikaian terciptanya rasa ingin tahu peserta didik untuk membaca sebuah karya sastra berupa novel untuk mengetahui sejarah maupun nilai-nilai yang terkandung didalamnya, dengan tercapainya tujuan dan isi bahan ajar peserta didik mendapat pendidikan dengan maksimal sehingga kompetensi dasar dapat tercapai. Hasil penelitian tentang Unsur-unsur psikologis dalam novel Lima Kelopak Mawar Berbisa dapat di manfaatkan sebagai alternatif pembelajaran sastra di SMA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.307 12 Sup u |
Keywords: | Novel Psikoanalisis; Alternatif pembelajaran sastra; Unsur intrinsik; Unsur ekstrinsik; Pesikologi penokohan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 02:38 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20886 |